Tidak Aktifnya Kampus, PC PMII Kota Baubau Adakan Kegiatan Training of Mentoring

Tidak Aktifnya Kampus, PC PMII Kota Baubau Adakan Kegiatan Training of Mentoring


TIMESPERGERAKAN.COM, BAUBAU - Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)  Kota Baubau mengadakan kegiatan Training of Mentoring di ruang kelas Pascasarjana Sultan Qaimuddin STAI BAUBAU pada tanggal 18-21 September 2020.

Sahabat Ifan Kamal Sekretaris Cabang mengatakan, "Latar belakang kegiatan ini karena PMII adalah organisasi kaderisasi apalagi dalam pandemi sekarang ini sangat berdampak kepada seluruh masyarakat khusunya mahasiswa dalam kader PMII. Terlebih lagi kader PMII Baubau sebagian besar ada yang di luar kota sebab tidak aktifnya kampus. Sehingga menurut kami dalam kondisi ini betul-betul membutuhkan mentor yang banyak agar bisa menjangkau kader-kader. Dalam hal ini mengawal secara kederisasi sampai di kampung-kampung. Ditambah lagi kota Baubau adalah kota di mana mahasiswa-mahasiswa se-Kepulauan Buton kuliah di Baubau. Kemudian mentor butuh pandang baru dalam melihat kondisi yang terjadi di lingkungan sosialnya Intinya bagaimana kaderisasi tetap berjalan dalam situasi dan kondisi apapun dan kita harus cepat mengambil tindakan dalam situasi pandemi ini."

Mengambil tema "Mempersiapkan Sumber Daya Mentor Profesional dalam Meningkatkan Efektifitas Kederisasi", sahabat Ifan menjelaskan makna dari tema tersebut yakni kaderisasi PMII akan berjalan dengan baik dan mampu mengahasilkan kader yang inovatif, kreatif, dan berdaya saing. Jika didukung dengan sumber daya mentor dan sekarang kemajuan teknologi sangat cepat. Sehingga kader butuh didampingi dalam melihat segala informasi dan perubahan di sekitarnya.

Pelatihan kali ini diikuti oleh kader-kader dari Komisariat dan rayon se-kota Baubau, diantaranya: Komisariat Unidayan, Komisariat UMB, Komisariat Sultan Qaimuddin STAI BAUBAU, Komisariat Politeknik, Komisariat UMU Buton, Rayon Teknik Unidayan, Rayon FKM Unidayan, Rayon FKIP UMB.

"Harapan saya dalam kegiatan ini yaitu peserta mampu mengaktualisasikan apa yg didapat dalam pelatihan mentoring ini. Kemudian kaderisasi yang selama pandemi ini tidak berjalan dengan maksimal. Peserta dapat berkreasi sehingga kaderisasi information dan nonformal maupun formal dapat berjalan dengan baik dan mereka harus punya gagasan dalam mengawal kaderisasi di era pandemi ini," tutup sahabat Ifan.

Pewarta: Shomim, Editor: Ihza

You may like these posts