Kombak Kombuling Kahanan, Cikal Pergerakan Kader Mu'takid Pemalang

Kombak Kombuling Kahanan, Cikal Pergerakan Kader Mu'takid Pemalang


TIMESPERGERAKAN.COM, PEMALANG - Pengurus Komisariat Ki Patih Sampun STIT Pemalang mengadakan kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) yang ke-V di Di Gedung 2 SMK Islam Randudongkal, (26-28/09).

Sahabat Adi Selaku ketua panitia pelaksana mengatakan bahwa yang melatarbelakangi acara MAPABA ini karena sebagai orientasi ataupun pengenalan awal yang juga merupakan forum pengkaderan formal tingkat pertama dalam PMII. Pada masa ini lebih ditekankan pada doktrinasi ideologi untuk membentuk kader yang memiliki komitmen serta loyalitas pada pergerakan selanjutnya. Tujuan dan target yang hendaknya dicapai pada MAPABA yakni tertanamnya keyakinan pada setiap individu anggota bahwa PMII adalah organisasi kemahasiswan yang paling tepat untuk mengembangkan diri (potensi). Selain itu, juga tertanamnya keyakinan pada setiap individu anggota bahwa PMII adalah wahana untuk memperjuangkan idealisme dalam konteks kemahasiswaan, kebangsaan, ataupun kemasyarakatan. Kemudian out put dari MAPABA yang dinginkan adalah aggota mampu memiliki jiwa komitmen dan militansi terhadap PMII kedepan.

Terkait Tema dalam MAPABA kali ini yakni "Kombak Kombuling Kahanan, Mobah Mungkreting Donya", yang artinya Berbagai Perubahan Keadaan, Gerak Perputaran Dunia. Tema ini bermakna Dunia Terus Berputar, Berbagai Peristiwa Datang dan Berlalu, Segala Sesuatu Datang dan Pergi, semuanya akan mengalami Perubahan. Ibaratnya Cakra Manggilingan, seperti lingkaran yang senantiasa bergerak. Tidak ada yang abadi di dunia ini. Semua pasti berubah, sedangkan yang abadi adalah Perubahan itu sendiri. Oleh karena itu, sikap dan tingkah laku kita pun harus menurut Kombak Kombuling Kahanan agar tidak ketinggalan zaman.

Dalam kegiatan ini terkait materi ada 6 materi yakni: Ke-PMII-an( Sahabat Wisnu Wardana, Ketua PC PMII Pekalongan), StudyGender (Sahabati Tika Intan Sari), NilaiDasar Pergerakan (Sahabat Akromi Mashuri), Ke-Aswajaan dan Geonologi Faham Islam (Sahabat Wahyudin), Ke-Indonesiaan (Sahabat Muhsinin), Ansos 1 & Analisis Diri (Sahabat Anang Ma'ruf F. R)

Jumlah peserta seluruhnya ada 23 peserta, yang mana 22 peserta dari STIT PEMALANG dan 1 dari IAIN PEKALONGAN. Jumlah peserta dalam MAPABA ini tentunya sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang dilarang mengadakan kerumunan dalam jumlah yang besar. 

"Harapan saya agar para peserta memiliki keyakinan dan loyalitas tinggi bahwa PMII adalah organisasi mahasiswa Islam yang paling tepat untuk memperjuangkan idealisme sebagai mahasiswa. Serta Kader PMII yang modern mengikuti arus perkembangan zaman", tutup Sahabat Adi.

Pewarta: Shomim, Editor: Ihza 

You may like these posts