MAPABA IAID Ciamis, 9 Materi Penting dalam Upaya Memperluhur Budi

MAPABA IAID Ciamis, 9 Materi Penting dalam Upaya Memperluhur Budi


TIMESPERGERAKAN.COM, CIAMIS - Pengurus Komisariat Institut Agama Islam Darussalam (IAID)  Ciamis mengadakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) yang dilaksanakan di SMA NUSANTARA Ciamis pada tangal (03/10/2020) - (04/10/2020).

Sahabat Andriawan selaku Ketua Komisariat mengatakan, “Bahwa sudah menjadi program kerja pengurus komisariat PMII IAID Ciamis masa khidmat 2020-2021. PMII adalah organisasi kaderisasi, dan tahapan dari kaderisasi tersebut salah satunya adalah MAPABA yang bertujuan untuk menciptakan kader-kader PMII yang militan dan juga memiliki jiwa yang kritis yang bergerak dengan mengaplikasikan nilai-nilai Aswaja yang telah menjadi manhajul fikr dan manhajul harokah dalam pergerakannya”.

Dalam MAPABA Komis IAID  mengusung tema "Mengeksplorasi Diri, Memperluhur Budi Pekerti melalui PMII" maksudnya "Seorang mahasiswa yang masuk organisasi PMII itu mampu menjadi kader PMII sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas masing-masing, tentu hal tersebut dibarengi dengan budi pekerti yang luhur yang sesuai dengan salah satu tujuan PMII diantaranya berbudi luhur" jelas Sahabat Andriawan.

Sedangkan untuk materi, MAPABA IAID Ciamis  mengambil 9 topik wajib termasuk secreaning dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) serta sesuai dengan hasil MUSPIMNAS di Boyolali, diantaranya: 1.Aswaja (Historis Aswaja dan Aswaja Sebagai Manhajul Fikr) : Rofiq Muhsin, S.Pd, 2. Sejarah dan Keroganisasian PMII : Wifki Mubarok, S.H, 3. Studi Gender dan Kelembagaan KOPRI : Riska putri agustin, S.Pd, 4. Geneologi Gerakan Faham Islam Indonesia : Iir abdul haris, M.Ag, 5. Ansos 1 : Fahmi farid Purnama, Lc. M.Hum, 6. Sejarah Perjuangan Bangsa : Daryanto Tito Wardani, S.Pd. M.Hum, 7. NDP : Miftah Farid, S.Sy. Dan pesertanya dari internal mahasiswa IAIB Ciamis karena memang untuk pesertanya dibatasi.

"Dengan demikian harapan saya kedepannya semakin mengukuhkan PMII sebagai oragnisasi kemahasiswaan yang mampu mencetak mahasiswa yang kritis, kreatif dan progresif" tutup Sahabat Andriawan

Pewarta: Shomim, Editor: Ahmad

You may like these posts