Jadi Mahasiswa Sejati, Komisariat Persiapan Jaya Stamba Giring Ikuti MAPABA

Jadi Mahasiswa Sejati, Komisariat Persiapan Jaya Stamba Giring Ikuti MAPABA


TIMESPERGERAKAN.COM, NGANJUK - Pengurus Komisariat Persiapan Jaya Stamba Kabupaten Nganjuk mengadakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) ke-II di Yayasan Al-Aly Sukomoro, Dusun Kaliulo, Desa Peserut, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk pada hari Sabtu-Minggu (7-8/11).

Sahabat Aji mengatakan, "Dalam kehidupan modern saat ini tidak dapat memungkiri kenyataan bahwa perjumpaan dengan berbagai perbedaan adalah sebuah keniscayaan. Perbedaan-perbedaan yang semakin mencolok baik dalam iktikad, cara hidup, pendapat, serta sudut pandang dalam menyoroti suatu masalah. Sehingga menyebabkan mahasiswa menjadi buta akan tugasnya sebagai mahasiswa, apatis terhadap lingkungan, hedonis terhadap gemerlap dunia. Maka dari situ PMII Komisariat Persiapan Jaya Stamba ingin menyadarkan atau mengingatkan kembali bahwa karakter mahasiswa yang menjadi agent of change khususnya dalam Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat Persiapan Jaya Stamba Nganjuk"

"Untuk menyadarkan mahasiswa milenial ini , maka perlu adanya penyadaran kognitif dari pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat Persiapan Jaya Stamba Nganjuk terhadap para mahasiswa melalui suatu organisasi pergerakan yang berbasis pluralis, diharapkan setiap calon anggota baru mampu menjadi jati dirinya sendiri. Maka dari pada itu pengurus berusaha melakukan pengkaderan, yakni dengan mengadakan Masa Peneriamaan Anggota Baru (MAPABA) sebagai upaya perekrutan anggota baru yang sejalan dengan mandat PMII yang bukan organisasi hari ini saja, melainkan akan selalu berkelanjutan. Dalam kegiatan kali ini lebih menekankan pada menginternalisasikan nilai-nilai PMII dan menyadarkan akan tugas mahasiswa yang sebenarnya", lanjutnya.

Mengusung tema 'Terbentuknya Mahasiswa yang Layaknya Mahasiswa', maksudnya yaitu "Kembali lagi dalam latar belakang diadakan MAPABA ini dan melihat realita kondisi mahasiswa jaman sekarang ini, dimana mahasiswa sekarang hampir sebagian yang tidak tau apa sebenarnya peran seorang mahasiswa. Maka dari itu kami sahabat-sahabat Komisariat Persiapan Jaya Stamba mengutip tema tersebut", jelasnya.

MAPABA kali ini di ikuti oleh 18 peserta yang semuanya dari internal. Ada 7 materi yang mana 5 materi adalah materi wajib. Sisanya merupakan materi pilihan. Materi tersebut antara lain, Genealogi Gerakan Faham Islam Indonesia (Abdul Azis, S. Sos.I), Sejarah dan Keorganisasian PMII (Kang Moch. Achlis Udin, M.Pd), Nilai Dasar Pergerakan (Kang Muchiyin S.Th.I), Tanggung Jawab Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial (Kang Burhanuddin El Arief, S.Ag), Aswaja (Kang M. Agus Rahman Hakim, SH), Sejarah Perjuangan Bangsa (Kang Budi Harianto, S.Hum M.Fil.I), Analisa Diri (Ahmad basaril, SE).

"Semoga mahasiswa yang telah ikut serta bergabung di rumah pergerakan mahasiswa ini menjadikan generasi bangsa yang lebih baik. Semoga sahabat-sahabat baru kita mulai dari ini menjadikan mahasiswa yang sesuai dengan tema MAPABA ini, yaitu Terbentuknya Mahasiswa yang Layaknya Mahasiswa. Satu lagi, doakan semoga tahun depan Komisariat Persiapan Jaya Stamba menjadi Komisariat Definitif," tutupnya.

Pewarta: Shomim, Editor: Ihza

You may like these posts