PK PMII UNUSIA Jakarta Barat Bangun Kualitas Keilmuan Kader Melalui PKD

PK PMII UNUSIA Jakarta Barat Bangun Kualitas Keilmuan Kader Melalui PKD


TIMESPERGERAKAN.COM, JAKARTA - Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia UNUSIA Jakarta Barat adakan Pelatihan Kader Dasar (PKD) Ke-II  di MTs Al Gaotsiyah, Jl. Kamal Raya No.02, RT.2/RW.1, Kamal, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11810 pada hari kamis-minggu (19-22/11). 

Sahabat Misbah selaku ketua panitia mengatakan "tujuan diadakannya PKD ini karena sebuah kewajiban dalam ranah kaderisasi formal, dan termasuk program kerja komisariat UNUSIA serta adanya dorongan dari senior"

"tujuannya yang pasti sesuai dengan bab 4 pasal 4 ya, tetapi untuk mencapai semua itu bukan hal yang mudah, maka dari itu dengan diselenggarakannya PKD UNUSIA Jakarta untuk membentuk karakter seorang kader yang benar-benar siap dalam ranah intelektual keilmuan dan keberanian mental untuk berbicara di depan publik serta PKD ini dilakukan, bukan karena PKD sertifikasi saja" imbuhnya

Alasan mengusung tema 'Rekontruksi Kesadaran dan Pembangunan Kualitas Keilmuan Kader PMII'  ialah merekonstruksi pemikiran bahwasanya keilmuan dalam ber-PMII itu penting dan tidak ada kata-kata ilmu yang sia-sia selama ber-PMII.

Peserta dalam PKD kali ini berjumlah 25 peserta, dengan rincian dari internal sebanyak 11 orang dan 14 dari eksternal diantaranya dari Karawang, Tasikmalaya, Ciamis dan Sukabumi. 

Materi yang diambil sebanyak 12 materi diantaranya: 
Aswaja sebagai Manhajul Fikr Wal Harakah (Dr. H. Nasrullah Jasam, LC, MA, Kasubdit PHU Kemenag), PMII dan Gerakan Mahasiswa (Sahabat Muahammad Ulul Azmi, Ketua Umum PC PMII Jakarta Barat 2019), Strategi dan Pengembangan PMII (Sahabat Ahmad Syahid, Ketua Umum PC PMII Jakarta Barat 2016), Amaliyah PMII An-Nahdliyah (Sahabat Amron Zam Zami, Wakil Sekertaris PCNU Jakarta Bara), Peta Gerakan Islam (Sahabat Ahmad Nurul Huda, Wakil Ketua PCNU Jakarta Barat), Ansos II (Sahabat Fadlil Kahfi), Nahdlatun Nisa (Sahabati Anti Surianti Raden, Sekjen KOPRI PB 2008-2010), Teori Perubahan Sosial (Sahabat Ramdhan Riski Pratama, LBH PB PMII), Paradigma (Sahabat Andi Dewananta, Pendiri PMII Jakarta Barat), Format Politik di Indonesia (Sahabat Ali Ansori), Format Ekonomi di Indonesia (Sahabati Rizki Wijayanti), Valued-Based Leadership (Sahabat Bagus Abel).

"harapan saya yakni saya berharap yang sudah menjadi kader harus menjadi pribadi yang sesuai dengan tujuan PMII, kalaupun toh itu suatu yang sulit setidaknya bisa mendekati beberapa nilai-nilai yang ada di dalam tujuan PMII" pungkas sahabat misbah.

Pewarta: Shomim, Editor: Wati

You may like these posts