Komisariat Ki Ageng Ganjur Pekalongan Arahkan Militansi Kader Berawal dari PKD

Komisariat Ki Ageng Ganjur Pekalongan Arahkan Militansi Kader Berawal dari PKD


TIMESPERGERAKAN.COM, PEKALONGAN - PMII Komisariat Ki Ageng Ganjur IAIN Pekalongan mengadakan Pelatihan Kader Dasar (PKD) untuk kader-kader di bawah naungannya di SMK Diponegoro, Kec. Karanganyar, Kab. Pekalongan, Jumat-Senin (11-14/12).

PKD Komisariat kali ini merupakan PKD yang Ke-XV. Dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang, yang berasal dari Rayon Syariah, Rayon Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, serta Rayon Ekonomi dan Bisnis Islam. Kegiatan ini diadakan selama 4 hari 3 malam. Selama 4 hari itu, para peserta diberikan sembilan materi. Namun, sebelum itu, adanya Pra PKD juga berfungsi untuk mencicil sebanyak dua materi. 

Adanya PKD ini berangkat dari kesadaran bahwa PMII yang merupakan organisasi kemahasiswaan ekstra kampus terbesar di Indonesia, senantiasa melakukan upaya pengembangan dan membentuk generasi kader baru yang cakap, intelektual, dan karakter mahasiswa yang kritis transformatif agar mampu menjawab tantangan zaman yang semakin kompetitif. 

"Tanggung jawab sebagai kader pergerakan pun tidak terlepas dari terfokusnya pada upaya menangani jenjang pengkaderan yang harus tetap dijaga dan dilaksanakan  demi disiplin berkhidmad dalam berorganisasi", tutur Sahabat Khafid (Ketua Panitia)

Tujuan dari diadakannya PKD ini adalah untuk mendisiplinkan kaderisasi formal di era New Normal, terbentuknya kader deologis serta militan terhadap nilai nilai organisasi, untuk mengembangankan kualitas kader, dan juga untuk mengembangkan pengetahuan teoritik dan pengetahuan lapangan.

Tidak kalah menantangnya dari kondisi hujan waktu PKD, tema yang diusung untuk membangun semangat calon kader mujahid adalah 'Membangun Nalar Kritis serta Komitmen dan Militansi terhadap Nilai-nilai Organisasi'. Tema ini dimaksudkan untuk menjadi seorang kader mujahid diperlukan berbagai persiapan di antaranya manumbuhkan pemikiran yang kritis dan militansi terhadap PMII, selain itu peserta harus menjadi kader yang tangguh dalam menghadapi segala tantangan zaman. 

"Harapannya para peserta bisa terbentuk sesuai tema PKD kali ini. Nah, untuk mewujudkannya kita dari pengurus komisariat akan mengawal penuh terkait follow up kedepannya", pungkas Sahabat Khafid.

Pewarta: Shomim, Editor: Ihza

You may like these posts