KOPRI PC PMII Cirebon Sukses Gelar Sekolah Kader KOPRI

KOPRI PC PMII Cirebon Sukses Gelar Sekolah Kader KOPRI


TIMESPERGERAKAN.COM, CIREBON - Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cirebon melalui Badan Semi Otonomnya KOPRI menggelar SKK Ke-III bertempat di Griya Ashabul Harakah, untuk pembukaannya bertempat di Disporabudpar Kota Cirebon pada hari kamis-minggu (17-20/12).

Sahabat Sri Intan Wulandari selaku ketua pelaksana mengatakan "Melalui program Korps PMII Putri yaitu Sekolah Kader Kopri (SKK) kami KOPRI PC PMII Cirebon berkeinginan membentuk karakter, meningkatkan skill atau kemampuan, memberikan ruang pengaktualisasian diri, dan saling memperkuat satu sama lain maka diharapkan mampu untuk mewujudkan cita-cita perempuan yang mandiri".

Lebih lanjut mengatakan "Sekolah Kader Kopri merupakan pendidikan formal setelah SIG atau sekolah islam dan gender dan PKD atau pelatihan kader lanjut, dimana menjadi salah satu bentuk kaderisasi formal yang wajib diikuti oleh anggota daan kader perempuan di PMII".

Mengambil tema 'Peran KOPRI Dalam Membangun Kemandirian Untuk Meningkatkan Taraf Hidup Perempuan' makna dari tema tersebut "Menciptakan kader yang ulul albab, dan menumbuhkan semangat dan militansi dalam organisasi, meningkatkan kapasitas keilmuan anggota dan kader, terciptanya solidaritas dalam bergerak, terbentuknya anggota dan kader kopri yang progres dan berpikir kedepan atau revolusioner, serta tercipta dan meningkatkan kemandirian perempuan dalam berorganisasi dan dalam kehidupan bermasyarakat" jelasnya

Peserta dalam SKK kali ini berjumlah 18 orang, dengan kader dari Kuningan 1 orang, kader Indramayu 2, sisanya dari internal Cirebon sendiri. Dan mengambil 10 materi yang disampaikan, diantaranya: Gerakan Perempuan Indonesia (Sahabat Robiah Subono, M.Pd), Sinergi dan Relasi KOPRI dengan Gerakan Multisektor (Sahabat Septi Rahmawati, M.Pd), Stigmatisasi Budaya (Uswah Khasanah, M.Pd), Analisis Sosial Perspektif Gender (Sahabat Fadlun Nisa Zalil), Advokasi Kebijakan Publik Berbasis Gender (Sahabat Hj Yuningsih, MM), Teknik Lobbi dan Penguatan Jaringan (Aidah Mardatillah, M.Hum), Penguasaan Media (Dr. H. Taufik Ridwan, M. Hum), Analisis Struktur Patriarki (Alifatul Arifianti, S.H), Ansos Perspektif Feminis (Sahabat Apriyanti Marwah, S.Ak, M.Ap), Perempuan dalam Pembangunan Kemandirian Ekonomi (Sahabat Roziqoh Sukardi, M.Pd).

"harapan saya semua kader Kopri PMII wajib mengikuti SKK setelah SIG. Harapan terbesar saya adalah setelah mengadakan kegiatan ini kopri PMII Cirebon harus betul-betul tampil di ruang publik, melakukan pendampingan secara intensif terkait issue keperempuanan, melakukan pendampingan, dan program pemberdayaan secara langsung ke masyarakat. Agar eksistensi Kopri PMII Cirebon ada dan bermanfaat bagi Masyarakat Cirebon dan sekitarnya". Pungkas Sahabat Intan

Sedangkan harapan Ketua KOPRI PC PMII Cirebon Sahabat Oktavia Rinisa "peserta SKK mampu mentransformasikan pengetahuan yang sudah didapat kepada rayon dan komisariat masing-masing dan peserta SKK mampu meningkatkan kepekaan terhadap peluang diluar untuk dapat meningkatkan taraf hidupnya, adapun ekonomi menjadi salah satu tujuan dari tema SKK kali ini. Serta peserta SKK mampu memberikan kontribusi yang nyata kepada kopri dan PMII rayon atau komisariat masing-masing".

Pewarta: Shomim, Editor: Yakin

You may like these posts