Rayon Dakwah Komisariat IAIN Samarinda Gelar Pesantren Aswaja Ke-III

Rayon Dakwah Komisariat IAIN Samarinda Gelar Pesantren Aswaja Ke-III


TIMESPERGERAKAN.COM, KOTA SAMARINDA - Pengurus Rayon Dakwah Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cabang Samarinda, Kaltim-kaltara, Sukses menggelar Pesantren Aswaja Ke-III bertempat di Madrasah Diniyyah Ta'maliyyah Ad - Da'wah Jalan Awang Syahrum Loa Duri Ilir, Samarinda Seberang, pada jum'at-minggu (04-06/12).

Dalam agenda tersebut turut hadir pula, Wakil Ketua I Pengurus Cabang PMII Samarinda, Rahmat Surya didampingi langsung oleh Wakil Ketua II PC PMII Samarinda, Topan Setiawan. Turut Hadir Ketua PR Dakwah diwakili, Sekertaris Umum Rayon PMII Samarinda, Iswan Nur beserta jajaran yang mendampingi. Hadir pula Ketua Umum Pengurus Komisariat PMII IAIN Samarinda, Wibi Wahyu Perdana Putra didampingi Ketua Korps PMII Putri, Rifa'at Nur Rahmah. Beserta jajaran keluarga Besar PMII Komisariat IAIN Samarinda. 

Agenda itu yang bertajukan Memperkuat Nilai-nilai Aswaja Sebagai Landasan Berfikir berpijak Kader PMII itu digelar dengan menerapkan Protokol kesehatan yang memadai. 

Saat di temui Times Pergerakan, Sekertaris Umum Rayon Dakwah, Iswan Nur menyampaikan kegiatan tersebut menjadi salah satu peran penting. Membangun ghirah ideologi Aswaja. Sebagai pisau analisis Al-fikr (berfikir) wal Harokah (gerakan). 

"Selama kegiatan peserta menerima beberapa materi. Di antaranya Doktrin dan Prinsip Aswaja, Geneologi Pemikiran Islam di Indonesia, Aswaja sebagai Manhaj Al Fikr dan Manhaj Al Harokah, Amaliah Keagamaan Kaum Nahdliyyin dan masih banyak lagi," ucap Iswan, sapaan akrabnya. Pada Minggu (6/12), seusai penutupan yang digelar meriah ini. 

Iswan menambahkan, dengan memperkuat nilai-nilai Aswaja ini. Membendung pemikiran intoleran dan Anti terhadap persatuan.

"Agenda ini dilaksanakan selama 3 hari, pada Jum'at sampai dengan Minggu (04-06/2020) dengan dibimbing langsung oleh Fasilitator Cabang, sahabat Topan Setiawan dan sahabat Rahmat Surya" urainya. 

Sementara itu, Wakil Ketua I PC PMII Samarinda, Rahmat Surya, mengatakan Pesantren ini bertujuan membekali kader PMII ideologi Aswaja. 

"Guna membendung paham-paham radikal yang datang dari luar,” tuturnya. 

Surya menegaskan, sesuai AD/ART PMII merupakan, organisasi yang berideologi Aswaja An-Nadhliyyah. Sehingga, kegiatan ini terangnya penting diberikan dalam rangka pemahaman secara mendalam tentang Aswaja baik dari sejarah hingga proses implementasinya dalam beribadah dan bermasyarakat.

Terpisah, Ketua Panitia Pesantren Aswaja Ke-III, Wili Andhika Rohman, sangat berterimakasih atas dukungan seluruh kader-kader yang ikut berkontribusi mensukseskan kegiatan Pesantren Aswaja Ke-III Pengurus Rayon Dakwah PMII Komisariat IAIN Samarinda.

"Kami Ucapkan Terimakasih kepada seluruh sahabat-sahabat yang ikut berkontribusi memeriahkan acara ini hingga penutup," pungkasnya.

Pewarta: Topan, Editor: Yakin

You may like these posts