Tanamkan Ideologi Aswaja, PK PMII Sultan Hadlirin UNISNU Jepara Gelar Sekolah Aswaja

Tanamkan Ideologi Aswaja, PK PMII Sultan Hadlirin UNISNU Jepara Gelar Sekolah Aswaja


TIMESPERGERAKAN.COM, JEPARA - Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sultan Hadlirin UNISNU Jepara mengadakan Sekolah Aswaja bertempat di Gedung PCNU Jepara, pada sabtu-minggu (12-13/12).

Sahabat Muhammad Pradita selaku ketua panitia mengatakan "kegiatan sekolah aswaja ini adalah wujud dari kerinduan kita terhadap kegiatan sekolah aswaja ini , yang memang beberapa tahun sudah fakum, dan kita juga menyesuaikan momentum dengan adanya sahabat-sahabat baru yang baru saja ikut MAPABA, dimana kita juga ingin menguatkan ideologi sahabat-sahabat dan memahamkan mereka dengan faham Islam Ahlu Sunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyah".

Diwawancara terpisah Sahabat Wisnu Aji Pratama juga mengatakan "Aswaja merupakan falsafah hidup yang membentuk sistem keyakinan, metode pemikiran dan tata nilai. Dengan cakupan itu, Aswaja menjadi sangat luas dan menyeluruh, sehingga bisa disebut way of life (cara hidup) sebagaimana Islam itu sendiri".

Mengusung tema 'Aswaja dalam Multiperspektif' memiliki alasan tersendiri. "Aswaja tidak hanya dimaknai sebagai Manhajul Fikr (kerangka pikir) tetapi juga sebagai Manhajul Harokah (landasan bergerak), sebagai generasi muda, kita tidak hanya mampu berpikir saja dalam tataran konsep tetapi juga harus bisa bertindak". Jelas sahabat Wisnu yang menjabat sebagai ketua komisariat

Menurut informasi yang didapat jumlah peserta sebanyak 50 orang, untuk jumlah peserta memang dibatasi karena berdasarkan berbagai pertimbangan, peserta berasal dari berbagai daerah, diantaranya seperti dari Tegal, Madura, Sukoharjo, Pati dan Demak.

Sedangkan untuk materinya mengambil 6 materi diantaranya: Membincang wajah Islam Nusantara (Dr.H. Mustaqim, M.Pd), Memahami Alur Pemikiran Aswaja (Fuad Fahmi Latif, S.Pd), Aswaja Perspektif Sosial dan Politik (KH.Nurudin Amin, S.Ag), Aswaja Perspektif Budaya (KH. Abdullah Wahab ,S.Sos.I, M.Si), Strategi Pengembangan dan Pelestarian Aswaja (Dr. KH. Ahmad Barowi, M.Ag), Feminisme Perspektif Aswaja (Farida Ahmad).

"saya berharap pasca diadakannya kegiatan sekolah Aswaja, kader PMII bisa Mengamalkan ajaran Aswaja tidak hanya diniati sebagai ajaran agama, tetapi sekaligus juga dipahami sebagai tradisi dan budaya" pungkas Sahabat Wisnu

"kita berharap dengan adanya sekolah Aswaja ini kita bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan bisa mencetak kader-kader yang militan dan memiliki ideologi yang kuat, dan saya harapkan sahabat semuanya bisa ikut bergerak dalam kondisi dan situasi apapun" tutup Sahabat Radit

Pewarta: Shomim, Editor: Wati

You may like these posts