Desak Pengesahan RUU PKS, PC PMII Samarinda Gelar Aksi Keadilan Sosial

Desak Pengesahan RUU PKS, PC PMII Samarinda Gelar Aksi Keadilan Sosial


TIMESPERGERAKAN.COM, SAMARINDA- Pengurus Cabang PMII Kota Samarinda adakan aksi untuk mendesak dan meminta Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) segera disahkan dalam aksi World Day Of Social Justice dengan tema "Kesejahteraan Berakar dari Keadilan" di depan Universitas Mulawarman, Jalan Kuaro, Gunung Kelua, Kec. Samarinda Ulu. Pada (24/02) kemarin.

Menurut Wakil Ketua I Bidang Internal PC PMII Kota Samarinda, Rahmat Surya, Rencana Undang-Undang (RUU) Pelecehan Kekerasan Seksual (PKS) harus didukung dan segera disahkan karena masih banyak penyintas yang belum mendapatkan keadilan.

"Tidak ada alasan untuk tidak segera mengesahkan RUU PKS ini karena masih banyak penyintas yang belum mendapatkan keadilan," ujar Surya, kepada Times Pergerakan, Rabu (24/02) Sore.

Surya mengatakan, budaya-budaya patriarki yang menganggap bahwa perempuan itu kelas nomor dua, sehingga perempuan segan untuk menyuarakan kebenaran dan apa yang telah dialami.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Aksi World Day Of Social Justice, Muhammad Ilham Nur Wachid, RUU PKS ini sudah disusun dan dibuat sedemikian rupa, harus ada beberapa kajian mengenai isi dari RUU PKS.

"RUU PKS sebenarnya sudah disusun dan dibuat sedemikian rupa, kita harus punya kajian yang mendalam dan mendetail mengenai ini," ucap Ilham sapaan akrabnya.

Ilham menambahkan, setelah terlaksananya World Day Of Social Justice yang diadakan PMII Cabang Kota Samarinda ini, mampu mentelaah dan mendiskusikan RUU PKS.

"Semoga kegiatan ini, kita mampu mentelaah dan diskusi tentang RUU PKS, terkhusus kaum perempuan yang biasa tertindas sehingga kita paham dan akhirnya bergerak untuk menyongsong dan juga mensukseskan pengesahan RUU PKS," pungkasnya

Pewarta: Uswatun Hasanah, Editor: Yakin 

You may like these posts