ALMAPABA SEMONGKO Wujudkan Setyo Nyawiji Ing Roso PMII Lewat Makrab

ALMAPABA SEMONGKO Wujudkan Setyo Nyawiji Ing Roso PMII Lewat Makrab


TIMESPERGERAKAN.COM, PEKALONGAN - Alumni MAPABA PMII Rayon Syariah Komisariat Ki Ageng Ganjur IAIN Pekalongan 2020 adakan acara Malam Keakraban dengan membawa tajuk tema Setyo Nyawiji Ing Roso, di Wisata Argo Selopajang Timur, Desa Selopajang Kec. Bandar, Sabtu-Minggu (27-28/02). 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Rayon Syariah mengadakan acara khusus bagi Alumni MAPABA. Pada kesempatan kali ini diikuti oleh 67 anggota ALMAPABA tahun 2020. ALMAPABA 2020 ini mempunyai nama lain SEMONGKO yaitu Semangat Angkatan Korona. Pasalnya pada waktu MAPABA dilaksanakan saat masa pandemi Covid-19.  

Ketua angkatan SEMONGKO, Sahabat Ahmad Nur Khozin mengatakan, "latar belakang kami menamakan angkatan kami dengan SEMONGKO, dikarenakan MAPABA Rayon Syariah 2020 ini dilaksanakan pada saat waktu pandemi yang sedang gencar-gencarnya di mana banyak pihak merasa kesulitan dalam hal ekonomi maupun sosial, disisi lain saat itu sedang viral-viralnya slogan "SEMONGKO" yang menjadi kata yang sering dibicarakan masyarakat. Pengambilan nama "SEMONGKO" diharapkan dapat gampang diingat para sahabat-sahabati yang lain. Serta mempunyai kepanjangan Semangat Angkatan Korona". 

"Terkait siapa yang mencetuskan logo angkatan SEMONGKO ini ialah atas dasar pemikiran saya sendiri yang langsung dibuat dan diedit oleh Sahabat Yanuar selaku panitia Sie. Kestari, di mana bentuk peradilan berarti asal rayon kita dari Rayon Syariah di mana merupakan Fakultas Hukum, warna biru dan kuning mengisyaratkan warna bendera PMII sendiri, bentuk SEMONGKO sendiri pada atap dan alasnya memang sebagai ikon gambar semongko dimana agar mudah diingat. Serta biji-biji hitam pada buahnya menggambarkan kader-kader PMII berada dalam satu wadah sama dan tujuan yang sama", jelasnya. 

Mengenai tema dalam ALMAPABA ini mengandung arti yang berarti diharapkan para kader PMII dapat setia terhadap tujuan dan nilai-nilai PMII, juga dapat nyawiji atau menjadi satu dengan kader kader lain dalam satu wadah yang sama dengan melibatkan perasaan suka cinta berorganisasi di PMII agar diniati dengan ikhlas dan rasa memiliki antar sesama.

Peserta Makrab Almapaba Semongko 2020 ini berjumlah 60-an dari 113 kader ALMAPABA. 

"Untuk harapan, sebelumnya saya sangat berterimakasih untuk para peserta MAKRAB ALMAPABA SEMONGKO 2020 ini, dan berharap, ini adalah langkah awal yang bagus untuk para ALMAPABA SEMONGKO dalam berkhidmat di PMII, rasa kebersamaan, kekeluargaan, bahagia, dan semangat yang tak putus selalu menyertai mereka untuk kedepannya", ucap Sahabat Ahmad Nur Khozin.

Times Pergerakan juga mewawancarai kepada ketua Rayon Syariah melalui sambungan via WhatsApp tentang harapannya terhadap semangat ALMAPABA SEMONGKO ini ke depannya. 

"Semoga bisa menghadapi tantangan zaman kedepan bukan di organisasi namun pada kondisi sosial atau realita sosial di masyarakat sekitar baik itu di lokal Pekalongan maupun desa-desa sekitar untuk pengawalan bisa berjalan dengan baik itu dikawal oleh kader-kader PMII ALMAPABA SEMONGKO ini, karena semakin ke depan terutama di Pekalongan ini banyak kaum kapitalis yang ingin mengalahkan kondisi perekonomian di Pekalongan", ucap Sahabat Mukhtar, Ketua Rayon Syariah. 

Selain itu Times Pergerakan juga menanyakan kesan pesan kepada peserta yang mengikuti MAKRAB ALMAPABA SEMONGKO ini.

"Kesan saya mengikuti MAKRAB adalah rasa kebersamaan yang semakin terbentuk dari sahabat-sahabati, mulai terjalin dari yang tadinya sudah terbentuk saat MAPABA di sempurnakan lagi di MAKRAB ini, dimulai dari pertama makan malam bersama satu tempat makan lalu saat game-game yang dilakukan dan yang terakhir saat fun color, banyak ALMAPABA yang mungkin belum saling kenal di sini menjadi saling kenal, saling akrab dan saling mengisi", ucap Sahabat Mufid selaku peserta MAPABA. 

"Untuk pesannya, semoga selalu bisa bersama dan berkomitmen berkhidmat di PMII Khususnya di tingkatan kami yaitu Rayon Syariah dan semoga Rayon Syariah semakin jaya semakin sukses dalam mengkader dan berkhidmat", imbuh Mufid.

"Acaranya sangat berkesan dan bermanfaat, bisa menambah keakraban dengan teman lain, apalagi dengan adanya acara maulidan, inagurasi dan sarasehan", ungkap Sahabat Fitriyani Wulandari, peserta MAKRAB ALMAPABA SEMONGKO.

Pewarta: Wati, Editor: Ihza

You may like these posts