Rayon Kawah Chondrodimuko Siapkan Kader Sadar Gender Melalui SIG

Rayon Kawah Chondrodimuko Siapkan Kader Sadar Gender Melalui SIG


TIMESPERGERAKAN.COM, MALANG - Korps PMII Putri (KOPRI) Rayon "Kawah" Chondrodimuko Komisariat Sunan Ampel Malang menggelar Sekolah Islam Gender (SIG) Ke-V, bertempat di MA NU Pakis Malang, pada Sabtu-Minggu (06-07/03).

Sahabat Rinanda Aprilia Sari selaku Ketua KOPRI mengatakan, "SIG ini merupakan kaderisasi formal KOPRI setelah MAPABA di mana tujuannya untuk mengenalkan gender perspektif Islam agar para memaknai Islam secara kaffah dalam arti Islam Rahmatan Lil 'Alamiin, Islam tidak mendiskriminasi satu dengan yang lainnya".

Dari tema 'Optimalisasi Peran Kader dalam Mewujudkan Keadilan Gender', Sahabat Rinanda sapaan akrabnya menjelaskan, "maknanya mengoptimalkan kader yang setelah ikut SIG dapat berpengetahuan dan sadar serta dapat mewujudkan keadilan gender".

Menurut informasi yang diterima, jumlah peserta sebanyak 79 orang yang terdiri atas 3 peserta dari IAIN Jember, 3 peserta dari IAIN Tulungagung. Ada juga dari internal Rayon Komisariat yakni Rayon Adawiyah dan sisanya dari internal rayon sendiri. SIG ini mengambil 6 materi kombinasi antara materi wajib dan materi pilihan, untuk pematerinya juga kebanyakan dari alumni Rayon "Kawah" Chondrodimuko.

"Semoga sahabat-sahabat yang sudah mengikuti SIG dapat memahami makna gender itu sendiri dan juga dapat melakukan perubahan mulai dari diri sendiri serta bisa mendongkel budaya patriarki yang sedang terjadi", pungkasnya.

Pewarta: Shomim, Editor: Ihza

You may like these posts