Dari Realitas Alam Pekalongan, PK PMII KAG Adakan Ngaji Ekologi

Dari Realitas Alam Pekalongan, PK PMII KAG Adakan Ngaji Ekologi


TIMESPERGERAKAN.COM, PEKALONGAN – Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ki Ageng Ganjur Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan mengadakan kegiatan Tadarus Intelektual “Ngaji Ekologi”. Pelaksana kegiatan ini adalah Taman Baca Serat Ilmu dibawah naungan Biro Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) PMII Komisariat Ki Ageng Ganjur.

Kegiatan yang mengambil konsep sarasehan dan diskusi interaktif ini berlangsung selama tiga malam, Kamis – Sabtu (15-17/4) pukul 20.00 WIB – 24.00 WIB bertempat di Gazebo Pergerakan Sekretariat PMII Ki Ageng Ganjur, Jalan Sutomo Kota Pekalongan.

Tema yang diangkat pada kegiatan ini yakni “Ngaji Ekologi: Refleksi Ekologi Pekalongan” dan menghadirkan narasumber yang berpengalaman di bidangnya, yakni Gus Roy Murtadho dan Elok Faiqotul Mutia. 

Selain diskusi, acara juga diselingi pembacaan Rotibul Kubro dan di malam terakhir, yakni pada 17 April-nya mengadakan Nonton Bareng film berjudul ‘Tenggelam Dalam Diam’. Kegiatan ini diikuti oleh kader PMII IAIN Pekalongan dan khusus untuk nobar film terbuka untuk umum.

Koordinator Biro PSDA, Riril Widi Handoko mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah supaya memberikan pengetahuan pada peserta terkait ekologi terutama di Pekalongan. “Agar kita mampu menjawab tantangan zaman terutama hal ekologi. Karena apapun alasannya tanah air harus kita rawat dan dijaga bersama karena tanah air adalah tanggung jawab warga bangsanya,” ucapnya.

Disampaikan, kenapa kegiatan tersebut diberi nama ‘Tadarus Intelektual’, Riril menjawab bahwasanya kegiatan ini adalah kegiatan dengan pembahasan khusus. 

“tadarus kan biasanya lazim di masyarakat disebut sebagai membaca al-Quran. Kini tadarus intelektual adalah budaya membaca ilmu pengetahuan melalui kelas kelas khusus," paparnya.

Kegiatan dilaksanakan selain sebagai program kerja juga untuk memperingati hari lahirnya PMII yang jatuh pada tanggal 17 April 2021.

Sementara itu, Ketua PMII Komisariat Ki Ageng Ganjur, Yazid Akmal menyampaikan harapannya terkait acara ini. Ia berpesan bahwa setiap kader PMII harus selalu belajar dan berproses. 

"semoga kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini. Harapannya peserta bisa memahami apa yang disampaikan oleh narasumber dan suatu ketika bisa menganalisis masalah-masalah berkaitan dengan ekologi yang terjadi di daerahnya masing-masing," tuturnya.

Pewarta: Anwar, Editor: Ihza

You may like these posts