Rekontruksi Gerakan PMII, Komisariat UNUSA Gelar PKD Raya

Rekontruksi Gerakan PMII, Komisariat UNUSA Gelar PKD Raya


TIMESPERGERAKAN.COM, SURABAYA - Dalam rangka melaksanakan kebutuhan kaderisasi formal tahap kedua PK PMII Universitas NU Surabaya gelar Pelatihan Kader Dasar (PKD) Raya Ke-II di Lembaga Pendidikan As Syarif Brangkal Mojokerto,(01-04/04).

"yang melatarbelakangi untuk melaksanakan PKD V ini yang pertama adalah, kebutuhan kaderisasi formal tahap kedua di PMII yang menuntut kami untuk membentuk kader-kader mujahid pada angkatan 2020. Yang mana telah di MAPABA-kan agar mereka lebih bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kader PMII," ungkap Sahabat Rifqi, salah satu panitia.

"yang kedua adalah membentuk kualitas diri dengan intelektual dan gerakkan sebagai kader mujahid serta melihat kualitas angkatan agar nanti bisa terlihat dari peran dan kontribusi melalui intelektual dan gerakan," imbuhnya. 

Lebih lanjut Sahabat Rifqi mengatakan kepada Times Pergerakan bahwa, "tujuan kami dalam melaksanakan PKD ini adalah karena ingin menampilkan eksistensi diri sebagai kader mujahid dengan intelektual dan gerakan mereka agar bisa terus mengembangkan dan menunjukkan bahwa aktivis PMII juga mampu menunjukkan taringnya kembali, seperti apa yang dulu para pendiri PMII ajarkan."

"dalam hal ini, kami sangat mengharapkan kader-kader PMII khususnya di UNUSA bisa kembali mendapat kepercayaan melalui intelektual dan gerakannya di dalam lingkup internal UNUSA khususnya dan di masyarakat luas umumnya," jelasnya.

"dengan semua itu, maka harapan besar kami khususnya pengurus komisariat dan juga panitia SC berharap dengan intelektual dan gerakan mereka, mereka mampu menunjukkan komitmen, loyalitas, dan dedikasinya terhadap PMII dilingkup UNUSA khususnya," tambahnya lagi. 

PKD kali ini mengangkat tema 'Rekonstruksi Pergerakan Dari Suaka Bersuara', lalu Sahabat Rifqi menjelaskan, "tema tersebut memiliki sebuah rumusan dari tujuan besar kami dalam melaksanakan PKD kali ini, sedangkan makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah pola pergerakan yang selama ini dijalankan angkatan 2020 perlu ada perubahan sebagai bentuk gebrakan baru menuju PMII maju."

"sedangkan Suaka sendiri bermakna tempat perlindungan, yang disini kami maksudkan adalah rumah kita bersama yaitu PMII UNUSA yang didalamnya ada para kader yang kami kerucutkan sebagai kader mu'takid untuk bisa merekonstruksi pergerakannya menjadi Bersuara yaitu menunjukkan eksitensi dirinya dengan intelektual, komitmen, loyalitas, dan dedikasinya di PMII UNUSA," imbuhnya.

Terdapat 8 materi yang disajikan pada PKD kali ini, antara lain : PMII Gerakan Mahasiswa dan Strategi PMII; ASWAJA Sebagai Manhajul Harakah; Paradigma PMII; Analisis Sosial 2; Nahdhatunnisa'; Peta Gerakan Islam; Analisis Wacana; serta Format Politik & Ekonomi Indonesia. Dengan narasumber pilihan, di antaranya : Sunanto, A.Ma., S.Pd., M.Pd; Yusa' Firmansyah; Musaiyana, S.H; Muh. Burhanul Mukhlasoni, S.E; Fatkul Chodir, M.H.I; M. Zainal Abidin, S.K.M; Subairi Amar Bachan; dan M. Yachya Sulthoni.

"terkait peserta ada yang dari internal PMII UNUSA sendiri dan juga ada delegasi dari Komisariat Raden Rahmat dan juga dari Komisariat Majapahit," ungkapnya.

"harapan kami yang jelas, kami berharap bisa sesuai tema dan tujuan PKD ini dilaksanakan," tutup Sahabat Rifqi.

Pewarta: Wati, Editor: Ihza

You may like these posts