PK PMII Syamsul'ulum Adakan Sekolah Advokasi dan Politik Kampus

PK PMII Syamsul'ulum Adakan Sekolah Advokasi dan Politik Kampus


TIMESPERGERAKAN.COM, SUKABUMI - PK PMII Syamsul'ulum Cabang Kota Sukabumi menggelar Sekolah Advokasi dan Politik Kampus bertempat di Sekretariat PK PMII Syamsul'ulum pada hari Sabtu-Minggu (29-30/05). 

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan, "dalam kondisi yang serba sulit di era pandemi COVID-19 ini, tentu akan banyak masalah sosial yang kerap kali muncul di lingkungan kita. Maka dari itu, perlu formulasi-formulasi khusus untuk bagaimana memecahkan dan mengambil jalan solutif demi kebaikan dan kesejahteraan rakyat. Dengan adanya Sekolah Advokasi ini, maka PMII selaku organisasi mahasiswa yang di gandrungkan dengan penyematan agent of change dan lain sebagainya. Maka dipandang penting untuk kader- kader memahami makna tersendiri mengenai apa arti sesungguhnya dari advokasi, lebih jauh dari itu, melaksanakan advokasi demi terciptanya kebaikan bersama." Kata Mohammad Rizky Apriliana selaku Ketua Pelaksana Sekolah Advokasi dan Politik Kampus.

Disisi lain, Sahabat Hendra Gunawan menjelaskan, "pendidikan advokasi menjadi keniscayaan bagi warga pergerakan, karena merupakan ruh dalam setiap tindakan intelektual, oleh karenanya dirasa baik dan perlu diadakan pendidikan yang terfokus pada persoalan ini. Dan sekolah advokasi ini dirasa menjadi jawaban," kata Hendra Gunawan, S.H selaku Ketua Komisariat PMII Syamsul'ulum Cabang Kota Sukabumi.

"Dalam pembentukan LBH ada 5 syarat yang musti dipenuhi diantaranya; memiliki sekretariat yang tetap, berbadan hukum, memiliki program bantuan hukum, memiliki pengurus, memiliki advokat yang terdaftar pada LBH. Sehingga LBH mempunyai peran penting ditengah masyarakat, terlebih peran LBH memang difokuskan agar masyarakat kelas menengah kebawah yang tidak mampu membayar pengacara bisa mendapatkan hak yang sama dalam hal pembelaan hukum," kata Ujang Syarifudin, S.H. Pengurus LBH GP Ansor Kota Sukabumi.

Pewarta: Hasbi, Editor: Ihza

You may like these posts