Berikan Trauma Healing, PMII Balikpapan Bangkitkan Mental Anak-Anak Korban Kebakaran

Berikan Trauma Healing, PMII Balikpapan Bangkitkan Mental Anak-Anak Korban Kebakaran


TIMESPERGERAKAN.COM, BALIKPAPAN - Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Balikpapan adakan Sekolah Sahabat Kecil bagi anak-anak korban kebakaran.

Sebelumnya, pada Sabtu (05/06) malam terjadi kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah di kawasan Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Baru Ulu, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan. Kebakaran tersebut tentunya menyebabkan trauma bagi korban terutama anak-anak sekitar pemukiman. 

Konsep agenda yang diusung PMII Balikpapan ini berupa mitigasi pascabencana yang akan dilaksanakan selama 9 hari mulai tanggal 12-20 Juni dengan target utama yaitu anak-anak.

Agenda yang dibuka langsung oleh Kepala Lurah Kelurahan Baru Ulu ini dipusatkan di daerah sekitar kebakaran dengan menghadirkan berbagai kegiatan, permainan, dan story telling yang bertujuan mengurangi risiko gangguan mental akibat trauma bencana.

Saat diwawancarai oleh pihak times pergerakan, Ketua Umum Pengurus Cabang PMII Balikpapan, M. Said Abdillah mengatakan bahwa kebakaran ini berdampak pada keadaan ekonomi, lingkungan, hingga mental korban.

"Dari beberapa dampak yang ditimbulkan oleh kebakaran, PMII Balikpapan berusaha untuk membangkitkan kembali mental para korban dengan trauma healing ," ucap Said, sapaan akrabnya.

Said berharap dengan adanya Trauma Healing ini dapat memberikan sebuah harapan baru bagi anak-anak korban kebakaran.

Selain Sekolah Sahabat Kecil, PMII Balikpapan juga mewujudkan kepedulian dengan mendirikan dapur umum selama 5 hari dari hasil bantuan warga sekitar.

"Terimakasih kepada warga sekitar yang turut membantu PMII Balikpapan, baik berupa bahan pokok hingga tenaga," pungkasnya.

Pewarta: Uswatun Hasanah, Editor: Riyan

You may like these posts