Hidupkan SDM Kader Perempuan, Rayon Songowolu Adakan SIG Ke-II

Hidupkan SDM Kader Perempuan, Rayon Songowolu Adakan SIG Ke-II


TIMESPERGERAKAN.COM, SIDOARJO - KOPRI PMII Rayon Songowolu adakan Sekolah Islam Gender (SIG) untuk kedua kalinya. Terlaksananya SIG rayon, karena mayoritas kader rayon Songowolu didominasi oleh perempuan dan dirasa memenuhi SDM-nya. Kegiatan ini dilaksanakan di MI MTS MA Faqih Hasyim Buduran Sidoarjo, Jumat-Minggu (11-12/06).

Diadakannya SIG ini sesuai dengan pengkaderan formal tingkat pertama yang ada di KOPRI. Tujuannya adalah agar kader PMII paham gender, paham peran perempuan dan peran laki-laki, serta pemahaman seks dan kodrat perempuan. Itulah yang sebenarnya harus dicari dan diimplementasikan oleh kader-kader PMII terkhususnya perempuan. 

Dari tema yang diangkat yaitu, 'Mensyiarkan Pemahaman Islam dan Gender di Era Disrupsi', Sahabat Vio, Ketua Pelaksana mengungkapkan, "kita memilih tema tersebut karena kita ingin memahamkan kader-kader PMII tentang Islam dan gender yang bukan hanya dalam segi Islam tetapi juga dalam segi secara umum."

Untuk mendukung tercapainya output SIG ini, panitia memberikan enam materi. Di anataranya, Hukum Konsep Dasar Islam (Ketua Umum PC PMII, Sahabat Romlah); Fiqih Perempuan (Pak Rochmad Hidayat);  Strategi Pengembangan KOPRI (Izatun Al Charimah Ana, S.Pd); Sejarah Gerakan Perempuan (Siti Nur Aini, S.Pd); Perempuan Perspektif Al-Qur'an dan Hadits (Bu Rega Fitriawati); serta Hukum  Islam di Indonesia (Bu Qolidatul Ulfi). SIG ini diikuti kurang lebih 35 peserta, terdiri dari internal dan eksternal. Peserta eksternal datang dari Bojonegoro, Nganjuk, Gresik, Al-Khoziny, dan UNSURI.

"Harapan saya semoga ilmu yg telah didapat setelah kembali ke rayonnya masing-masing peserta SIG bisa mengimplementasikan ilmunya kepada masyarakat dan rayon masing-masing. Tetap semangat dalam berproses agar bisa menjadi kader yang Ulul Albab," tutup Sahabat Vio.

Pewarta: Wati, Editor: Ihza

You may like these posts