Penyatuan Persepsi Gender, KOPRI Komisariat Universitas Nusa Putra Adakan SIG

Penyatuan Persepsi Gender, KOPRI Komisariat Universitas Nusa Putra Adakan SIG


TIMESPERGERAKAN.COM, SUKABUMI - Pengurus Korps PMII Putri Komisariat Universitas Nusa Putra Cabang Sukabumi mengadakan Sekolah Islam Gender (SIG) Perdana bertempat di Pondok Pesantren Jamiatul Muta'allimin, Kota Sukabumi, Sabtu-Minggu (12-13/06).

Kegiatan ini mengusung tema ‘Menyatukan Persepsi Gender dalam Bingkai Islami’. SIG kali ini diikuti oleh 17 peserta. Terdiri atas 5 peserta laki-laki dan 12 peserta perempuan.

“substansi dari kegiatan ini adalah pemerataan pemahaman tentang gender dalam perspektif Islam, khususnya di kalangan aktivis PMII Kota Sukabumi," kata Deudeu Sri Rahayu, Ketua Pelaksana SIG. 

Menurut Ketua Komisariat PMII Universitas Nusa Putra, Ramdan Fauzi mengatakan, "SIG merupakan bentuk sensitivitas dan pemerataan pemahaman terkait gender yang memberikan ruang gerak seluas-luasnya bagi para kader perempuan di PMII. Ini terkait dengan upaya pemerataan pemahaman soal gender, karena hari ini masih banyak kesalahpahaman terkait kesetaraan gender baik secara tekstual maupun kontekstual," ujarnya

Ketua Cabang, Isep Ucu Agustina mengatakan, "sebagai penyelenggara dari pendidikan tingkat pertama di kelembagaan KOPRI ini, pihaknya meminta acara ini harus memiliki standarisasi pencapaian yang harus ditempuh oleh para peserta. Minimal peserta mampu paham dan mengaktualisasikan pemahamannya dalam ruang lingkup gerakan di PMII maupun di wilayah kampus dan masyarakat sekitar," tegasnya.

MABINCAB yang diwakili oleh Sahabat Regina Mulia, "SIG ini bukan hanya sebagai ajang seremonial saja, melainkan harus menghasilkan output yang jelas. Tidak selesai di acara penutupan kemudian selesai lupa lagi apa yang dipelajari, tapi sebagai acuan dalam gerakannya."

Pewarta: Hasbi Muhammad, Editor: Ihza

You may like these posts