Perkuat Ideologi Pancasila, PMII Se-Kota Samarinda Gelar Aksi Panggung Refleksi Rakyat

Perkuat Ideologi Pancasila, PMII Se-Kota Samarinda Gelar Aksi Panggung Refleksi Rakyat


TIMESPERGERAKAN.COM, SAMARINDA - Aliansi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) se-Kota Samarinda lakukan panggung refleksi di momentum hari lahir pancasila.

Aksi dilakukan di Taman Samarendah, Jalan Bhayangkara, Kota Samarinda. Pada Kamis (03/06), pukul 15.00 WITA.

Panggung refleksi diisi dengan berbagai penampilan orasi, puisi maupun musikalisasi dari sahabat-sahabati PMII memperingati hari lahir dan refleksi pancasila.

Sebagai sebuah negara, tentu memiliki tantangan. Seperti adanya tindakan mengganti falsafah negara. Aliansi PMII se-kota Samarinda mengajak masyarakat berpegang teguh pada nilai-nilai yang terkandung pada pancasila, serta dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, aksi diwarnai dengan pembentangan spanduk bertuliskan tuntutan kepada pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Saat diwawancarai oleh timespergerakan.com, Zain Aqil Hidayat, Koordinator lapangan panggung refleksi pancasila menyatakan tanggapannya terkait pernyataan sikap aliansi PMII se-Kota Samarinda.

"menyikapi Harlah Pancasila ini dengan merefleksikan 5 sila yang terkandung apakah sudah di implementasikan dengan baik atau belum di Kaltim," ucap zen sapaan akrabnya.

Sementara itu, dia menambahkan dari kajian beberapa hari yang telah dilakukan, ditemukan ada 3 point yang harus disampaikan kepada pemerintah provinsi Kaltim sekaligus pernyataan sikap dari Aliansi PMII se-Kota Samarinda.

"ada tiga point yang kami dapatkan yaitu penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan pemerataan pendidikan di segi kualitas maupun aksesibilitas, menuntut komitmen PEMPROV kaltim pada penjagaan SDA dan menolak segala bentuk intoleran dan ekstrimisme," tutupnya.

Pewarta: Uswatun Hasanah, Editor: Yakin

You may like these posts