Belajar Dari Masa Lalu

Belajar Dari Masa Lalu


Penulis: Sahabat Andri Wahyudi (Kader PMII Kota Lhokseumawe)

Belajar adalah proses yang bersifat individu. Perubahan dalam belajar terjadi karena masuknya stimulus ke dalam sejumlah informasi, sehingga menyebabkan hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang. Selain itu, belajar dapat mempengaruhi perilaku terhadap individu. Secara umum, belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku seseorang sebagai hasil dari pengalaman atau praktek yang dijalani. Misalnya, ketika kita mengalami suatu peristiwa yang membuat kita kurang puas akan hasil yang kita dapat, kita dapat merubah dan memperbaiki apa yang kurang dari sebelumnya, sehingga kita tidak akan mengulangi kekurangan yang sama.

Masa lalu tidak selalu berbicara perihal buruk yang menimpa, akan tetapi masa itu dapat menjadi bahan evaluasi untuk kita memperbaiki diri. Masa lalu bisa juga menjadi pengalaman pembelajaran untuk membuat hidup kita lebih baik lagi dari sebelumnya. Banyak motivator yang mengatakan, "pengalaman merupakan guru terbaik dalam kehidupan, karena dari situ kita bisa belajar".

Terkadang, kita selalu menganggap bahwa masa lalu adalah sesuatu kejadian yang membuat kita frustasi, padahal tidak sama sekali. Masa lalu adalah segala sesuatu yang pernah terjadi, entah itu yang membuat diri kita bahagia maupun yang membuat kita sedih. Momen masa lalu juga sangat susah untuk dilupakan ketika kita terlalu bahagia maupun sedih pada saat kejadian itu berlalu.

Sikap yang baik akan menjadikan masa lalu itu sebagai momentum pelajaran yang berharga untuk menata dan menjalani kehidupan hari ini. Sedangkan sikap buruk hanya akan membuat masa lalu itu sebagai sebuah penyesalan yang tiada habisnya. Mungkin akan membuat suram kehidupan hari demi hari yang kita jalani jika terus menerus disesali.

Bersikaplah yang baik terhadap masa lalu kita yang buruk itu. Maka, kita telah berdamai dengannya. Sehingga membuat hidup kita lebih nyaman. Masa lalu itu memang tidak pernah berubah. Tapi, maknanya kini berubah sudah. Makna yang membuat hidup kita lebih bahagia, lebih damai dan memiliki harapan-harapan yang baik.

You may like these posts