Dilantik, Rayon Raya PMII Komisariat Tarbiyah Cabang Surabaya Selatan Siap Menuju Peradaban Baru

Dilantik, Rayon Raya PMII Komisariat Tarbiyah Cabang Surabaya Selatan Siap Menuju Peradaban Baru


TIMESPERGERAKAN.COM, SIDOARJO - Minggu, (15/8), sebelum HUT RI-76 telah diselenggarakan Pelantikan Rayon Raya Komisariat Tarbiyah Cabang Surabaya Selatan secara offline di Gedung Graha IKA PMII Jawa Timur, Kampus UNUGIRI Sidoarjo. Pelantikan ini dibungkus dengan tema, "Langkah Awal Menuju Peradaban Baru Untuk Surabaya Selatan". Seluruh jajaran Pengurus Rayon dan KOPRI Rayon maupun yang mewakili, turut andil dalam mensukseskan acara ini bersama panitia pelaksana dari angkatan 2020. Tamu undangan, seperti PMII Ngalah - Pasuruan, ikut menyaksikan momentum sakral yang sedang dilaksanakan oleh PMII Cabang Surabaya Selatan ini. Tak lupa, acara ini juga dihadiri oleh jajaran Pengurus Cabang PMII Surabaya Selatan, yaitu Sahabat Alif Firdaus dan sahabat lainnya, serta jajaran Pengurus Komisariat Tarbiyah, yaitu Sahabat Eka Berkamsyah dan kawan-kawan.

Komisariat Tarbiyah yang terdiri dari empat rayon, yakni Rayon Averouce, Rayon Al-Ghazalie, Rayon Avicenna dan Rayon Al-'Asyarie, masing - masingnya telah melaksanakan prosesi Rapat Tahunan Anggota Rayon (RTAR) dalam kurun waktu tertentu. Pergantian Pengurus Rayon selalu diselenggarakan setiap tahunnya. Telah dikonsep dan dieksekusi dengan luar biasa oleh setiap rayon. Berdasarkan hasil RTAR masing-masing rayon, telah terpilih setiap Ketua Rayon dan jajaran pengurus lainnya. 

Acara pelantikan Rayon Raya berlangsung khidmat, satu persatu nama dari pengurus Rayon Raya dipanggil untuk berbaris di depan, bersumpah dihadapan Sang Saka Merah Putih dan bendera Surabaya Selatan sendiri. Tidak tertinggal, sambutan hangat dari Ketua Pelaksana, Ketua Komisariat, Ketua Pengurus Cabang dan Perwakilan. Salah Satu dari Ketua Rayon sangat memberikan pengaruh besar yang membarakan api perjuangan untuk seluruh Kader PMII Cabang Surabaya Selatan dalam berproses. Kegiatan serah terima jabatan dan penandatanganan berita acara menjadi bukti bahwasannya para nahkoda rayon raya ini siap menempuh perjalanan baru dalam memajukan rayon masing-masing demi tercapainya segala visi-misi berdirinya PMII Surabaya Selatan di abad ke-21. 

Langkah awal menuju peradaban baru untuk Surabaya Selatan, dalam pelantikan Rayon Raya ini sudah dipaparkan sedikit konsepsi dan eksekusi yang merupakan jembatan kesuksesan organisasi tersebut. Perlu diketahui, organisasi adalah sekumpulan orang yang bersama untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi, tidak mungkin jika PMII sendiri berdiri tanpa tujuan yang jelas, jika hal tersebut terjadi maka sudah dari dulu PMII dibubarkan. Mungkin sangat asing sekali dengan nama Surabaya Selatan yang mana cabang ini hanya terkenal di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Di sini, kuantitas dan kualitas adalah segalanya bagi kader-kader PMII Surabaya Selatan, karena tanpa keseimbangan antara keduanya maka organisasi ini akan tumbang. Seperti dalam sambutan Ketua Umum PC PMII Surabaya Selatan, Sahabat Ali Firdaus beliau mengatakan, "kuantitas dan kualitas adalah dua hal yang mempengaruhi eksistensi dan esensi proses para kader. Keduanya perlu dipertahankan". 

Juga dipaparkan dalam pidato singkat dari Ketua Umum PK PMII Tarbiyah, Sahabat Eka Berkamsya mengungkapkan, "kader - kader Surabaya Selatan haruslah berdedikasi tinggi dengan mencerminkan kualitas dan kuantitasnya".

Dalam menuju peradaban baru Surabaya Selatan sangat di apresiasi oleh berbagai pihak dalam proses dan progres mereka melalui kritik serta saran. Ditambah dengan tanggapan terhadap relasi-relasinya, terutama masyarakat sekitar. 

Pewarta: Anila Imroatul Ma'rifati Sulcha, Editor: Ihza

You may like these posts