MUSPIMCAB Ke-XXI PMII Surabaya Selatan, Bentuk Produktif dan Progresif Organisasi Pada Masa PPKM

MUSPIMCAB Ke-XXI PMII Surabaya Selatan, Bentuk Produktif dan Progresif Organisasi Pada Masa PPKM


TIMESPERGERAKAN.COM, SURABAYA - PC PMII Surabaya Selatan masa gerak 2021/2022 menyelenggarakan agenda Musyawarah Pimpinan Cabang (MUSPIMCAB) Ke-XXI pada hari Minggu (15/08). Agenda tersebut di mulai tepat pukul 09.00 WIB dan selesai pukul 19.00 WIB, berlokasi di SMKS Kartini Surabaya, tepatnya di Jl. Simo Gunung Barat TOL I/61, Surabaya, Jawa Timur.

Musyawarah Pimpinan Cabang (MUSPIMCAB) adalah salah satu kegiatan rapat besar setiap tahunnya di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang diselenggarakan oleh jajaran Pengurus Cabang, khususnya Cabang Surabaya Selatan. Dalam kesempatan kali ini, Muspimcab PMII Cabang Surabaya Selatan mengangkat tema : “Ikhtiar Organisasi Mewujudkan Takdir Kepeloporan Pergerakan Dalam Menyambut Dua Dasawarsa Surabaya Selatan”. Sebagai kader PMII, kita wajib melaksanakan segala kegiatan yang berlandaskan dengan AD/ART PMII pada umumnya.

Dihadiri oleh panitia pelaksana, perwakilan para pengurus rayon, KOPRI rayon, beberapa perwakilan pengurus komisariat, KOPRI Komisariat, dan beberapa senior IKA PMII Surabaya Selatan sendiri, MUSPIMCAB Ke-XXI PC PMII Surabaya Selatan berlangsung dengan khidmat. Dimana seluruh peserta MUSPIMCAB dapat mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir, dimulai dari pembukaan, lalu sidang tata tertib, dilanjutkan sidang per komisi, sesi sidang pleno dan penutupan. Dimana saat sidang komisi, telah lahir beberapa redaksi yang nantinya di sahkan pada sidang pleno bisa dijadikan sebagai pedoman berkembangnya organisasi PC PMII Surabaya Selatan di masa yang akan datang. Baik secara kualitas dan kuantitas segi kader dan elemen-elemen lain di organisasi ini, harapan ke depan PMII Cabang Surabaya Selatan sendiri telah menyusun berbagai strategi di dalam sidang-sidang tersebut.

Surabaya Selatan berdiri dengan cerita yang begitu bersejarah. Dalam hal ini tentunya generasi baru di Surabaya Selatan ini mengemban mandat yang beratnya luar biasa sebab PMII harus bisa memainkan berbagai peran strategis secara optimal, maka prasyarat utama yang wajib dipenuhi adalah adanya kelembagaan organisasi yang kuat. Kuatnya kelembagaan organisasi ini setidaknya diindikasikan dengan 3 (tiga) hal, yakni: Pertama, adanya sistem keorganisasian yang ideal dan diterapkan secara konsisten. Kedua, berjalannya seluruh perangkat organisasi (departemen, lembaga dan badan) sebagai motor penggerak program. Ketiga, aktif dan berkembangnya organisasi di semua tingkatan serta adanya regenerasi yang sehat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

MUSPIMCAB ini tak lain untuk penyatuan keinginan dan harapan kedepan, juga untuk menyelaraskan paradigma dan nalar berfikir periodik dengan bentuk merumuskan kaidah-kaidah lokal baku bagi berjalannya Roda Organisasi PC. PMII Surabaya Selatan, menyusun Pola Pengembangan Organisasi yang efektif dan efesien, menyusun pola pengembangan Kaderisasi dan standarisasi atasnya, dan menyusun pola pengembangan gerakan KOPRI.
 
Khawatirnya, jika MUSPIMCAB ini tidak dilakukan diawal periode akan terjadi kerancuan pada kader dari Pengurus PMII Cabang Surabaya Selatan ketika merencanakan, melaksanan dan mengevaluasi Program Kerja nantinya. Sebab Muspimcab perlu terlaksana juga karena para kader PMII Cabang Surabaya Selatan secara pribadi harus faham betul tentang apa saja yang bisa diberikan kepada organisasi ini sebagai bentuk pengabdian. Seperti dalam pidato Ketua Umum PC PMII Surabaya Selatan masa gerak 2021/2022, Sahabat Ali Firdaus.

"Segala hal yang telah dilakukan dan dikorbankan untuk organisasi kita, anggaplah sebagai pengabdian. Kita disini untuk mengabdi dan benar-benar harus mengabdi", pungkas beliau.

Pewarta: Anila Imroatul M S, Editor: Yakin

You may like these posts