Sekolah Instruktur: Wujud Komitmen PMII Pekalongan Terhadap Kaderisasi

Sekolah Instruktur: Wujud Komitmen PMII Pekalongan Terhadap Kaderisasi


TIMESPERGERAKAN.COM, PEKALONGAN - Kader PMII se-Cabang Pekalongan melatih skill pengawalan kaderisasi melalui Sekolah Instruktur yang diadakan oleh PC PMII Pekalongan. Tidak kurang dari 17 peserta asal rayon dan komisariat se-Cabang Pekalongan dengan semangat dan antusias mengikuti kegiatan yang terselenggara selama dua hari itu.

Bertempat di gedung MA Dr. Ibnu Mas'ud, Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, peserta digembleng oleh para pemateri (instruktur) yang kesemuanya merupakan Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC PMII) Jawa Tengah. 

Para peserta merupakan kader PMII dalam lingkup rayon dan komisariat. Harapannya, PMII Cabang Pekalongan secara holistik dapat mengembangkan kaderisasi di Pekalongan ke arah yang lebih baik dan tentunya dapat menjawab perkembangan zaman yang sangat dinamis.

"Pelaksanaan sekolah instruktur ini merupakan ikhtiar bersama untuk mengawal keberlangsungan kaderisasi di lingkungan PMII Pekalongan, serta sebagai stimulus untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan PMII Pekalongan di masa mendatang. Sehingga dalam prosesnya, anggota ataupun kader PMII Pekalongan dapat mengikuti dan menjawab kebutuhan pengembangan (inovasi) kaderisasi serta perkembangan zaman," ujar Kepala Bidang I PMII Cabang Pekalongan, Sahabat Jalil.

Sekolah Instruktur yang diselenggarakan pada Senin, (2/8), mengusung tema "Rekonstruksi Kaderisasi: Upaya Meningkatkan Mutu Instruktur dalam Pengawalan Kaderisasi". Demikian kalimat tema tersebut menunjukkan bahwasanya kaderisasi adalah hal yang teramat vital dalam PMII. Terlebih PMII sebagai organisasi kaderisasi. PMII Pekalongan termasuk cabang dengan kuantitas kader dan anggota yang cukup besar. Sehingga perlu adanya manajemen yang baik untuk mengimbangi kuantitas dengan kualitas.

Didalam kepengurusan periode 2021-2022 yang dinahkodai oleh Sahabat Muhibbin, PC PMII Pekalongan menaruh perhatian pada kaderisasi yang kemudian dituangkan sebagai salah satu misinya, yakni bertekad mewujudkan kaderisasi yang terukur dan berkelanjutan. Ketua PC PMII Pekalongan sendiri meletakkan harapan pada Sekolah Instruktur, agar melalui pelatihan tersebut mampu memberikan pemahaman baru dalam proses pengawalan kaderisasi, sehingga dapat terwujud kaderisasi yang terstruktur, sistematis, dan berkelanjutan. 

"Hal ini merupakan bentuk komitmen yg dilakukan PC PMII Pekalongan dalam menata kaderisasi," demikian tutur Ketua Umum yang terpilih pada Konferensi Cabang pada Maret lalu.

Pewarta: Amir Muzaki, Editor: Ihza

You may like these posts