Siapkan Kader Berkualitas, PK PMII UNU Blitar Munculkan Wajah Baru Melalui Training Of Fasilitator

Siapkan Kader Berkualitas, PK PMII UNU Blitar Munculkan Wajah Baru Melalui Training Of Fasilitator


TIMESPERGERAKAN.COM, BLITAR - Guna memunculkan wajah-wajah baru, dalam pendampingan kader, Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menyelenggarakan Training Of Fasilitator (TOF) yang dilaksanakan di Gedung Sekolah Dasar Islam (SDI) Garum, Blitar, pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 sampai dengan hari Minggu tanggal 29 Agustus 2021. Kegiatan TOF ini diikuti oleh 18 peserta yang terdiri dari delegasi Rayon Soeprijadi dan Rayon El-Freire. Tidak hanya itu, acara TOF ini juga menghadirkan pemateri-pemateri yang mumpuni dibidangnya dan sebagian besar adalah dosen UNU Blitar.
Dalam TOF ini panitia penyelenggara memilih tema yang sanagat menarik yaitu "Formasi Kekuatan dan Peluang dalam Menghadapi Dinamika Mahasiswa". 

"TOF ini diselenggarakan dalam rangka mbentuk sebuah kekuatan baru, yang memanfaatkan peluang adanya kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), dan kaderisasi PMII yang lain, utamanya menyongsong Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA)." Ungkap Bharin, panitia TOF.

Bharin menambahkan, dengan adanya kegiatan TOF ini diharapkan sahabat-sahabat PMII UNU Blitar memiliki bekal yang cukup guna menghadapi dinamika yang ada di UNU Blitar.

Ahmad Izzuddin, salah satu pemateri TOF mengatakan, jenjang kaderisasi yang ada di PMII selain pengkaderan formal seperti MAPABA, Pelatihan Kader Dasar (PKD) dan lain sebagainya, hendaknya juga ada pengkaderan yang bersifat non formal atau muatan lokal yang sesuai dengan kebutuhan kader termasuk kegiatan TOF yang diselenggarakan PMII UNU Blitar.

"TOF akan mencetak kadar agar mampu menjadi fasilitator. Bekal yang harus dimiliki fasilitator yaitu keterampilan mendengarkan, keterampilan mengolah hasil dari mendengarkan, keterampilan publik speaking, dan keterampilan mengelola forum". Sambung Izzuddin.

Mukhtarun Ni'am, Ketua PK PMII UNU Blitar menambahkan, kader-kader PMII UNU Blitar yang telah mengikuti TOF diharapkan mampu menciptakan gerakan-gerakan konkret dalam mengawal semua kebutuhan anggota PMII dalam melaksanakan proses kaderisasi kedepan.

Pewarta: Fatimatuz Zahro, Editor: Yakin

You may like these posts