Tunjukkan Sinergitas, Dua Rayon PMII Komisariat UNU Blitar Agendakan Pelantikan Raya

Tunjukkan Sinergitas, Dua Rayon PMII Komisariat UNU Blitar Agendakan Pelantikan Raya


TIMESPERGERAKAN.COM, BLITAR - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Soeprijadi dan Rayon El-Freire Komisariat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar gelar pelantikan raya di gedung Sekolah Dasar Islam (SDI) Garum, Blitar. Pelantikan raya ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 pukul 09.00 WIB bersamaan dengan pembukaan acara Training of Fasilitator (TOF) yang diselenggarakan oleh Pengurus Komisariat (PK) PMII UNU Blitar.

Renita Dwi Arini, ketua pelaksana pelantikan mengungkapkan, peserta pelantikan sekitar 80 pengurus, 38 Pengurus Rayon Soeprijadi dan 42 Pengurus Rayon El-Freire. Pelantikan ini bertema Sinergitas Akar Rumput Kembalinya Ghirah Sosial-Humanisme. 

"Tema ini merupakan gabungan dari kedua rayon, yang memiliki makna bergerak bersama mulai dari tingkat struktural bawah yang dimaksudkan adalah rayon, untuk mengembalikan semanagat perjuangan (ghirah) sosial kemanusiaan." Tuturnya.

Arini juga mengungkapkan, di masa pandemi ini jiwa sosial pemuda mulai luntur akibat pembatasan berkumpul, physical distancing, dan aktivitas daring. Oleh karena itu, dari pelantikan ini diharapkan kedua rayon mampu bergerak bersama dalam mengembalikan semangat bersosial dengan masyarakat.

Rayon Soeprijadi dan Rayon El-Freire merupakan dua rayon pertama yang definitif di Cabang Blitar Raya. Rayon definitif merupakan rayon yang sudah pasti atau bukan sementara lagi.   

Mukhtarun Ni'am, Ketua PK PMII UNU Blitar mengungkapkan, Rayon Soeprijadi dan Rayon El-Freire berdiri bersama pada tahun 2019 atas inisiatif sahabat-sahabat dari UNU Blitar untuk mewadahi kader dari Fakultas Ilmu Eksakta dan Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial. 

"Saya sangat bersyukur atas dilantiknya Rayon Soeprijadi dan Rayon El-Freire sebagai rayon definitif pertama di Blitar, hal ini menunjukkan bahwa Komisariat UNU Blitar berkembang pesat" ungkap Mukhtar. 

Ni'am juga mengimbau kepada kedua rayon, pelantikan bukanlah akhir sebuah proses, melainkan awal sebuah proses untuk sahabat-sahabat kader rayon untuk menghadapi berbagai rintangan selama periode kepengurusan ke depan. Diharapkan sahabat-sahabat kader rayon tetap menjaga kekompakan, dan kesolidan demi kemajuan rayon.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Ketua Rayon Soeprijadi, Khoyimatul Rahma. "Pelantikan adalah langkah awal dalam melakukan gerakan konkrit untuk satu periode kepengurusan, yakni periode 2021/2022. Dalam periode ini kita buktikan, bahwa rayon sebagai ujung tombak kaderisasi dan akar rumput PMII. Maka dari itu diharapkan Rayon Soeprijadi dan Rayon El-Freire bisa bergerak bersama untuk menjadi pelopor dan pembaharu gerakan PMII sebagai upaya memaksimalkan kaderisasi rayon."

Himatul Fadilah, Ketua Rayon El-Freire juga menyampaikan, "Rayon merupakan tonggak awal kaderisasi, marilah kita maksimalkan kaderisasi di rayon guna menyiapkan kepengurusan di tingkat komisariat, hingga tingkat nasional."

Di akhir wawancara dua ketua rayon juga mengharapkan kader-kadernya untuk bergerak bersama dan berjuang bersama untuk memajukan rayon, utamanya di bidang kaderisasi.

Pewarta: Fatimatuz Zahro, Editor: 

You may like these posts