Mewujudkan Pergerakan yang Bestari, Komisariat Tarbiyah PC PMII Surabaya Selatan Selenggarakan MAPABA 2021

Mewujudkan Pergerakan yang Bestari, Komisariat Tarbiyah PC PMII Surabaya Selatan Selenggarakan MAPABA 2021


TIMESPERGERAKAN.COM, SURABAYA - Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) didalam kaderisasi PMII merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan secara tingkat komisariat ataupun rayon. Kamis, 30 September 2021 bertepatan dengan hari G-30S PKI adalah awal dari kegiatan MAPABA 2021, selesai pada Minggu, 03 Oktober 2021. MAPABA 2021 PC PMII Surabaya Selatan kali ini berlangsung dengan meriah, apalagi banyaknya tamu undangan yang datang secara bergantian untuk ikut serta menyukseskan acara MAPABA 2021.

Tidak berhenti sampai disitu, Koordinator Bidang Kesejahteraan dan Sosial Masyarakat PB PMII yakni sahabat Ahmad Jauhar Fikri juga datang pada saat MAPABA 2021 ini berlangsung. Sedikit mengulas balik, MAPABA 2021 merupakan momentum yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Total peserta yang datang pun berjumlah 207 dengan bertempat di Villa Cahaya, Prigen, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Tidak mau kalah kuantitas, panitia OC, SC & Pengurus Komisariat serta Pengurus Cabang ikut hadir berbondong-bondong.

Materi demi materi dilalui oleh peserta mapaba 2021 beserta panitia OC & SC pada 4 hari itu benar-benar fokus sehingga kesuksesan dalam acara ini tercapai. Sesuai tema yang diambil.oleh panitia Steering Committee pada MAPABA 2021 ini, yaitu : Super Smart Society "Terwujudnya Pergerakan yang Bestari dengan Pengembangan Potensi dan Pemanfaatan Teknologi", maka perihal yang ditekankan adalah terwujudnya pergerakan yang bestari. Sebab pada zaman sekarang ini generasi penerus bangsa kurang memperhatikan bagaimana cara mereka berkembang, khususnya kader PMII yang ada di seluruh Nusantara sendiri enggan mengambil peran lebih diatas perjuangannya. 
"Pergerakan yang bestari pada zaman sekarang itu adalah mereka yang mampu memaksimalkan proses mereka pasca mapaba", ujar Sahabat Fladimir selaku Manajer SC MAPABA 2021.

"Berproses menjadi kader PMII itu tidaklah mudah, lika-likunya luar biasa tapi asiknya merajalela." Tambahan dari Sahabati Anila selaku Sekretaris PMII Rayon Averouce Komisariat Tarbiyah Cabang Surabaya Selatan.

Pergerakan yang bestari artinya pergerakan yang unggul, mumpuni, baik dan memiliki dampak positif bagi sesamanya. Pergerakan yang bestari sengaja di gadang-gadang agar kader-kader PMII Cabang Surabaya Selatan kelak nantinya mampu berproses dan berprogres dengan baik, secara lisan, tulisan dan aksi nyata. Perwujudan tema ini diimplementasikan lewat materi-materi yang ada di MAPABA 2021. Seperti Aswaja, NDP, ke-PMII an, PMII lokal, Muatan Lokal, dan beberapa materi lainnya. Tidak hanya itu, keinginan dari jajaran Steering Committee di bantu oleh Organizing Committee untuk mewujudkan calon kader yang bestari, pra-MAPABA 2021 pun mengadakan beberapa kegiatan pendukung baik segi soft skill maupun hard skill.

Harapan kedepannya dari catatan ini adalah pergerakan yang bestari wajib terukur, terbentuk dan terbentur sehingga bisa terwujud. Meskipun mapaba 2021 yang seharusnya diikuti oleh 350 peserta, namun hanya bisa 207 disebabkan keadaan yang memaksakan daring dan perizinan orang tua. Namun, hal ini nantinya akan diberikan follow up lebih lanjut dari panitaia Steering Committee di bantu oleh jajaran pengurus komisariat.

Pewarta: Anila, Editor: Yakin

You may like these posts