PMII Rayon FISIP Adakan Desa Binaan di Desa Labuan Lumbubaka

PMII Rayon FISIP Adakan Desa Binaan di Desa Labuan Lumbubaka


TIMESPERGERAKAN.COM, DONGGALA - Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon FISIP telah melaksanakan salah satu program Desa Binaan. Program tersebut berlangsung di Desa Labuan Lumbubaka Kec. Labuan Kabupaten Donggala. (23-24/10). 

Untuk tahap awal program yang PMII Rayon FISIP bawa adalah penanaman bibit yang jumlahnya sekitar 200 pohon. Di antaranya adalah, alpukat, durian, kopi, kemiri, dll. Penanaman ini bertujuan untuk memenuhi ketahanan pangan dari Desa Lumbubaka. 

Desa Labuan Lumbubaka merupakan desa yang profesi utamanya itu adalah seorang petani. Sehingga bercocok tanam sudah menjadi budaya atau culture masyarakat Lumbubaka. Hal ini dibuktikan dengan banyak nya kelompok tani di desa tersebut. 

Menurut dari kacamata kami, desa yang memiliki penghasilan utama dari bercocok tanam ini masih memiliki kekurangan serta kelemahan. Di antaranya adalah Sumber Daya Manusia(SDM) yang masih sangat minim di desa tersebut. Hal ini dibuktikan dengan jumlah orang yang Sarjana (S1) itu baru sekitar tiga orang. Sehingga hal tersebut sangat berpengaruh untuk pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki Desa Lumbubaka. 

Kemudian yang berikutnya adalah susahnya akses untuk keluar maupun masuk ke desa tersebut. Hal ini dikarenakan infrastruktur yang belum memadai. Contohnya, seperti tidak adanya jembatan yang menghubungkan ke desa tersebut dengan desa lain. Sehingga masyarakat harus melewati sungai untuk akses perjalanan. 

Dari hal tersebut, apabila hujan melanda dan kemudian sungai tersebut banjir. Maka tidak ada aktivitas keluar masuk di desa tersebut. Hal ini cukup disayangkan untuk seorang pelajar tidak bisa berangkat sekolah dikarenakan banjir di aliran sungai tersebut. 

Namun dari banyaknya keterbatasan serta kekurangan yang dimiliki desa tersebut. Desa ini akan terus melakukan sesuatu agar tercipta nya perubahan yang baik kedepannya. Sehingga harapannya kedepan bahwa Pemerintah Desa sangat membutuhkan bantuan dari mahasiswa untuk membantu mengembangkan serta meningkatkan kualitas dari Desa Lumbubaka ini. 

Adapun kebutuhan dari desa ini yaitu terkait dengan penambahan bibit itu sendiri serta sosialisasi pertanian yang berbasis teknologi. Serta Masyarakat lumbubaka juga menginginkan adanya jaringan pasar untuk memudahkan penjualan hasil panen mereka kepada para konsumen. 

Target dari Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon FISIP kedepannya untuk Desa Lumbubaka ini, yaitu terutama ingin membantu meningkatkan kualitas serta kuantitas dari sektor pertanian itu sendiri. Kemudian,  memberikan  kesadaran pendidikan terhadap pemuda Desa Lumbubaka agar terciptanya sumber daya manusia yang baik di desa ini.

Pewarta: Sukri, Editor: Ihza

You may like these posts