Upaya Merawat Peradaban di Era 5.0, PMII Komisariat IAIN Kota Pontiananak Gencarkan Kaderisasi

Upaya Merawat Peradaban di Era 5.0, PMII Komisariat IAIN Kota Pontiananak Gencarkan Kaderisasi


TIMESPERGERAKAN.COM, PONTIANAK - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat IAIN Pontianak Rayon Az-Zarnuji FTIK dan Rayon FASYA menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) dengan mengusung tema “Membentuk Generasi Muda yang Nasionalis, Agamis dan Berkomitmen Dalam Upaya Merawat PMII dan Peradaban di Era 5.0” di Aula Kantor Camat Jl. Khatulistiwa No.2 Siantan Hilir Pontianak Utara. Minggu, (16/10).

Kegiatan PMII di Aula Kecamatan Pontianak Utara. Dalam pembukaan acara tersebut di hadiri oleh seluruh ketua Komisariat dan Rayon Se-Cabang kota Pontianak dan Cabang kubu raya, juga dalam peresmiannya dibuka langsung oleh Ketua PC PMII kota Pontianak, Surahman S,Pd.

Selain para pengurus dan panitia, peserta yang mendaftar sekitar 90-an dan yang hadir membersamai acara tersebut sekitar 70-an lebih. Sebagaimana pernyataan ketua panitia.

Lebih lanjut “Mengenai para peserta yang mendaftar sudah terbilang banyak nya, 90-an namun yang hadir dalam acara ini sekitar 70-an lebih, walau tidak sampai pada target yang namanya proses ya pastinya banyak kendala, tapi alhamdulillah acara ini bisa berjalan dengan lancar,” Tutur Sabran.

Diselenggarakannya MAPABA ini tidak semerta-merta bujur arus layaknya air di sungai, tentu pasti ada fungsi dan tujuannya, yang itu menjadi tolak ukur kesuksesan acara tersebut, bahwa generasi adalah mereka yang akan menjadi penggerak masa depan, berbicara tentang organisasi adalah tentang kontribusi yang kita berikan bukan tentang apa yang kita harapkan dalam organisasi tersebut.

“Mengenai fungsi mapaba ini harus tetap selalu diadakan, seperti dalam pepatah Umar bin Khattab “Pemuda hari ini ialah pemimpin di hari esok” Berangkat dari maqolah itu lah menjadi inspirasi bagi kami di rayon untuk segera mempersiapkan calon pemimpin masa depan bangsa karena setiap masa ada orang nya dan setiap orang ada masanya sehingga roda perputaran tiap generasi berjalan dengan semestinya”, Tegas ketua rayon Fasya, Musthofa.

“Adapun tujuannya sendiri di PMII sudah sewajarnya menjadi tugas kita bersama untuk menghidupkan pmii bukan kita yang dihidupkan oleh pmii, atas dasar itu lah mapaba ini di laksanakan sebagai wujud upaya menghidupkan regenerasi pmii melalui agenda jenjang pertama wajib kaderisasi dalam pmii yakni Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA)”, Tambah ketua rayon FTIK, Abdul Majid.

Ketua Komisariat IAIN cabang Kota Pontianak Menyampaikan kepada calon anggota PMII "Untuk kembali menata dan meluruskan niat ketika bergabung di PMII serta mengesampingkan bentuk harapan dan keinginan karena pada dasarnya menjadi kader PMII ataupun berada di organisasi PMII adalah merupakan sebuah proses yang tidak memungkinkan untuk bisa memenuhi ataupun melengkapi Segala harapan dan keinginan nya. Akan tetapi jika kita bersungguh-sungguh dan menata niat dengan baik di PMII insyaallah kita akan menjadi orang yang bermanfaat baik di dalam organisasi maupun dikalangan masyarakat. Sehingga kemudian kita tak terjatuh pada persepsi amsal lama yang kerap kali kita dengar dari orang-orang".

“Bahwa ketika kita masuk ataupun berada di organisasi yang besar maka akan menjadi orang besar pula. Akan tetapi semua tergantung pada diri kita masing-masing dan juga niat kita. Bahwa ketika kita mampu berproses dengan baik dan bersungguh-sungguh maka dipastikan bersama organisasi yang besar kita juga akan menjadi orang-orang besar baik dalam ranah publik maupun domestik”, Tutup Joko Nugraha.

Penulis: Iqbal faqoth, Editor: Solifa

You may like these posts