PC PMII Tuban: Sikap Tegas dan Solusi Komprehensif Untuk Infrastruktur yang Mangkrak

PC PMII Tuban: Sikap Tegas dan Solusi Komprehensif Untuk Infrastruktur yang Mangkrak


TIMESPERGERAKAN.COM, TUBAN - Pada tanggal 12 Mei 2023 PC PMII Tuban mengeluarkan surat press release tentang ambruknya atap Gedung KORPRI Pemerintah Kabupaten Tuban pada Selasa, 9 Mei 2023. 

Organisasi mahasiswa ini menyatakan keprihatinan terhadap kerugian dan kelalaian dalam proses renovasi yang baru saja selesai di akhir tahun 2022. 

"Kerugian akibat kerusakan bangunan Gedung KORPRI ditaksir hingga Rp.532.905.489,21 dalam bentuk kerugian materil yang diperoleh dari APBD tahun 2022," tulisnya.

PC PMII Tuban menuntut pihak berwenang untuk segera melakukan investigasi menyeluruh terkait penyebab ambruknya gedung Korpri. Disamping itu, harus dipastikan tindakan untuk mencegah kejadian yang serupa.

Press Release yang ditandatangani oleh Ketua PC PMII dan Sekertarisnya menyatakan sikap, sebagai berikut: 

1. Pemerintah Kabupaten Tuban segera menyelesaikan investigasi dan menyampaikan hasilnya kepada publik
2. Pemerintah Kabupaten Tuban harus melakukan penguatan system pengawasan, evaluasi, termasuk memberikan sanksi kepada kontraktor pelaksana (black list), perbaikan manajemen proyek dan pengoptimalan penggunaan teknologi.
3. Pemerintah bertanggung jawab atas kerugian materil yang diakibatkan oleh ambruknya Gedung Korpri
4. Pemerintah Kabupaten Tuban harus mengevaluasi dan memperbaiki sistem pembangunan yang sangat asal-asalan dan berujung pada kemoloran dan mangkraknya pembangunan
5. Pihak berwenang/Aparat penegak hukum untuk melakukan audit terhadap pengerjaan rehabilitasi Gedung Korpri dan juga poyek-proyek pembangunan lainnya yang mengalami keterlambatan pengerajaannya.

"Kejadian ini dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak, khususnya pada pemerintah Kabupaten Tuban sebagai stakeholder yang memiliki tanggungjawab penuh terhadap keselamatan masyarakat Tuban, bahwa keselamatan dan kesejahteraan masyarakat harus menjadi prioritas utama dalam setiap kegiatan dan pembangunan yang dilakukan," harapnya.

Editor: Solifa

You may like these posts