Pengurus Cabang PMII Banda Aceh Bekerja Sama dengan Unicef dalam Star Wars Santri Anti Rokok Bagi Remaja

Pengurus Cabang PMII Banda Aceh Bekerja Sama dengan Unicef dalam Star Wars Santri Anti Rokok Bagi Remaja


TIMESPERGERAKAN.COM, BANDA ACEH - Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kota Banda Aceh melakukan kegiatan Star Wars atau Santri Anti Rokok Self Awareness dimana kegiatan ini bekerja sama dengan Unicef dalam kegiatan Star Wars membahas isu mengenai  rokok bagi santri khusus nya bagi remaja, mendorong kepedulian terhadap partisipasi remaja khususnya santri agar menyadari bahaya nya rokok terhadap kesehatan mental serta menciptakan lingkungan hidup bagi santri yang sehat bebas dari rokok.

Pengurus Cabang PMII Banda Aceh melakukan kegiatan tersebut  pada hari tanggal 20 s/d 28 Februari 2024 di Ponpes Mahyal Ulum Al-Azizyah Dilip Bukti, Kabupaten Aceh Besar.

Saat ini, meski sudah mengetahui dampak dan bahaya dari rokok, pada kenyataannya masih banyak sekali orang khusus nya remaja yang merokok dan tidak menghiraukan berbagai macam risiko kesehatan yang bahkan sudah tertulis dengan jelas di tiap bungkus rokok.

Dista Ismaridha selaku kopri PC PMII kota Banda Aceh juga menambah bahwa "Ini bukanlah sekedar sosialisasi, akan tetapi melalui kegiatan ini kita akan menciptakan kader-kader sebagai promotor kesehatan di kalangan santri yang sudah mendapatkan pembekalan terlebih dahulu, mereka nanti nya akan terus aktif mengampanyekan Isu-isu kesehatan di kalangan santri menjadi peer educator ( pendidik sebaya) lingkungan dayah, serta saya berhadap PMII tidak hanya bergerak ke di bidang sosial, kepemudaan, dan politik tetapi juga mengarah ke tegline PB PMII yaitu PMII maju dan mendunia, PMII harus hadir di setiap aspek kehidupan, termasuk kesehatan dan itu yang saat ini sedang kita perjuangkan."

Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini menjadi wajangan atau dorongan terhadap remaja khusus santri di Mahyal Ulum Al- Azizyah agar menyadari efek samping menghisap rokok bagi remaja serta kepedulian terhadap kesehatan menciptakan lingkungan hidup yang bebas dari rokok.

dr. Arta Camellia selaku Health specialis Unicef Indonesia mengatakan bahwa " Harapan kami, semoga program star wars ini dapat menjadi model bagi pihak lain dalam menyelenggarakan kegiatan ini."

Kegiatan kerjasama bersama Unicef merupakan kegiatan pertama kalinya bagi pengurus cabang PMII Banda Aceh. 

Dimana kegiatan ini di ikuti oleh remaja santri dan santriwati untuk menghimbau untuk menjaga kesehatan tanpa rokok di pesantren Mahyal Ulum Al-Azizyah.

Abi Munawar Sanusi sebagai Wadir 1 "Santri anti rokok, bukan santri nyantri sambil merokok. Santri tidak merokok adalah santri cerdas. Santri tidak merokok adalah santri keren. Santri yg tdk merokok adalah santri yang sayang sama orang tua. Santri yg tidak merokok adalah santri yang taat dan patuh terhadap didikan Abu. Tak ada sehat dengan rokok. Tak ada rokok yg sehat. Santri Mahyal Ulum, santri promotor kesehatan." pesan Abi Munawar Sanusi selaku Wadir Dayah Mahyal Ulum.

" Pemuda sekarang lebih condong ke arah yang salah, karena mengikuti kondisi zaman sekarang ini, tanpa merokok gak keren terkadang usia 11 tahun banyak pemuda yang ngeroko, bahkan sampai kecanduan, tanpa menghisap rokok otak atau pikiran gak jalan." Syahrul Amin, S. Sos

Dengan kata lain merokok sangat berbahaya bagi kesehatan serta merusak organ di dalam tubuh manusia, Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Berbagai penyakit berbahaya dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk ini. Tak hanya perokok aktif, rokok juga berbahaya bagi siapa pun yang menghirup asapnya atau perokok pasif.

Setiap rokok yang Anda hisap bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti masalah kesuburan, penyakit jantung, stroke, dan masalah pada paru-paru, misalnya penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) hingga kanker paru-paru.

Penulis : Syahrul Amin, S. Sos

You may like these posts